Program Analisis Ulangan Harian (Aplikasi Excel)

Setiap guru pasti mengharapkan siswanya mempunyai hasil belajar yang baik. Hasil belajar siswa tidak hanya dipengaruhi oleh kepammpuan akademiknya saja, namun sebagian besar dipengaruhi oleh proses pembelajaran yang dilakukan di kelas dan yang tak kalah pentingnya adalah kemampuan guru dalam mengelola kelas. Guru sejatinya adalah model sekaligus pelaku dalam mencetak karakter siswa-siswinya. Kemampuan guru dalam segala bidang menjadi tuntutan di saat dunia pendidikan di hantui oleh merosotnya kualitas anak bangsa. 

Banyak hal yang harus dilakukan guru untuk mencapai itu semua, salah satu tindakan nyata yang harus dilakukan adalah dengan menganalis proses pembelajaran yang terjadi di kelas. Bentuk analisis tersebut dapat berupa analisis ulangan harian. Analisis ulangan harian harus dilakukan untuk mengetahui seberapa besar siswa yang sudah tuntas dalam satu SK maupun KD. Selain itu analisis ini dilakukan untuk mengambil langkah tindak lanjut terhadap proses yang telah dilakukan, apakah itu remidial maupun pengayaan.

Berikut ini saya share program analisis sederhana yang dapat teman-teman guru pergunakan. Program ini berbentuk aplikasi excel yang dapat teman-teman jalankan sesuai petunjuk.

Kelebihan Aplikasi ini:
  1. Aplikasi ini adalah aplikasi yang dijalankan di komputer sehingga tidak perlu ribet harus mengisi buku analisis.
  2. Aplikasi ini disertai petunjuk penggunaan, sehingga memudahkan dalam pengisiannya.
  3. Aplikasi ini sangat simpel, dengan memasukkan data 1 kali akan diterapkan kesemua sheet yang ada di dalamnya.
  4. Aplikasi ini dapat digunakan untuk ulangan harian dengan model soal pilihan ganda, isian, dan uraian. Anda dapat memlih salah satu, dua jenis, atau menggunakan ketiganya.
  5. Aplikasi ini mendukung 35 soal PG, 10 soal isian, dan 5 soal Uraian
  6. Skor yang disediakan dengan rentang 1-5, dapat anda sesuaikan sendiri
  7. Pengguna tidak perlu menghitung lagi ketuntasan siswa maupun klasikal karena sudah otomatis berjalan sendiri.
  8. Aplikasi ini juga menyediakan form tindak lanjut yang dapat anda temukan di sub 'home' dengan mengklik tanda tanya di sebelah kanan aplikasi
  9. Aplikasi ini gratis, dapat di download disini

Demikian share blog untuk kali ini, semoga bermanfaat. astungkara...

Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat email sobat pada kotak dibawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Media Pendidik dan Pendidikan


Artikel Terkait:

0 Komentar
Tweets
Komentar

0 comments:

Poskan Komentar

Komentar anda sangat menentukan keberlangsungan blog ini.
Apabila anda tidak punya akun, gunakan anonymous
Apabila anda punya, gunakan Nama/URL
»Nama: diisi dengan nama anda
»»URL: diisi dengan alamat web, alamat email, dsb