RPP Bahasa Indonesia 6





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 6 / 1
Alokasi Waktu : 6 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
1. Memahami teks dan cerita anak yang dibacakan.

Kompetensi Dasar
1.1. Menuliskan hal – hal penting / pokok dari suatu teks yang dibacakan.

Indikator
1. Mencatat hal – hal pokok dari suatu teks yang dibacakan.
2. Mengembangkan hal – hal penting / pokok dari suatu teks menjadi cerita baru yang menarik secara tertulis.

II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Mencatat hal – hal pokok dari suatu teks yang dibacakan.
2. Mengembangkan hal – hal penting / pokok dari suatu teks menjadi cerita baru yang menarik secara tertulis.

III. Materi Ajar
1. Cerita anak

IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok

V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
a) Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
b) Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
c) Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
d) Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.

2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
a. Menyimak teks cerita yang dibacakan.
b. Mendiskusikan cerita anak / isinya.

B. Elaborasi
a. Secara individual, mencatat hal – hal pokok dari suatu teks yang dibacakan.
b. Mencatat hasil diskusi.
c. Mempresentasikan hasil diskusi.
d. Menjawab pertanyaan yang diajukan.
e. Membuat cerita baru dari pokok suatu teks yang didengar.
f. Membacakan cerita baru karya sendiri.

C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
a. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
b. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
c. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
1) berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
2) membantu menyelesaikan masalah.
3) memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
4) memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
5) memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
d. Menyimpulkan materi tentang :
a. cerita anak

3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
a. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
b. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
c. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
d. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
e. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
f. Memberikan PR

V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Bahasa Indonesia kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP

VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
Gatotkaca Sakit Perut

“Ulil! Setelah ini giliranmu!” ujar Timo, ketua panitia. Tiba – tiba, jantung Ukil berdetak kencang. Ia harus menari di depan tamu – tamu dalam rangka ulang tahun sekolahnya.
Ulil akan membawakan tari Gatotkaca Milenium. Ia sudah berlatih selama seminggu dan menghafal semua gerakan. Akan tetapi, ia selalu cemas dan takut salah. Perasaan itu tentu mengganggunya.
“Aku sakit perut, Mo!” bohong Ulil. Ia pura – pura menangis sambil memegangi perutnya.
“Pokoknya kamu tetap menari!” tegas Timo.
“Tapi, Mo….”
Timo bergeming. Vina selesai menyanyikan lagunya dan turun dengan wajah gembira. Deti, pembawa acara yang periang, menyebut nama Ulil untuk acara berikutnya. Rekaman musik gamelan sudah diputar oleh Iyus.
Ulil mulai menari. Dua menit berlalu dengan lancar. Rasa percaya dirinya mulai tumbuh. Akan tetapi, tiba – tiba Ulil merasa ada yang melilit – lilit di dalam perutnya. Mula – mula ia tidak peduli, tetapi lama – lama tak tahan juga. Ia sakit perut.




Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat !
1. Apa judul cerita yang dibaca tadi ?
2. Tari apa yang dibawakan oleh Ulil ?
3. Mengapa Ulil selalu cemas ?
4. Siapa nama yang bertugas mengiringi lagu ?
5. Bagaimana gerakan tari Ulil setelah ia sakit ?
Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat email sobat pada kotak dibawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Media Pendidik dan Pendidikan


Artikel Terkait:

0 Komentar
Tweets
Komentar

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda sangat menentukan keberlangsungan blog ini.
Apabila anda tidak punya akun, gunakan anonymous
Apabila anda punya, gunakan Nama/URL
»Nama: diisi dengan nama anda
»»URL: diisi dengan alamat web, alamat email, dsb