RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : 6 / 1
Alokasi Waktu : 6 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi secara tertulis dalam bentuk formulir, ringkasan, dialog, parafrase.
Kompetensi Dasar
4.4. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi.
Indikator
1. Menjelaskan isi amanat / pesan yang terkandung dalam puisi.
2. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa sederhana dengan mempertahankan makna atau isi puisi.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Menjelaskan isi amanat / pesan yang terkandung dalam puisi.
2. Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa sederhana dengan mempertahankan makna atau isi puisi.
III. Materi Ajar
Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
1. Memperhatikan contoh parafrase puisi ke dalam bentuk prosa.
2. Mendengarkan pembacaan puisi.
3. Menyimak penjelasan isi amanat / pesan yang terkandung dalam puisi.
4. Menyimak pengubahan puisi.
B. Elaborasi
1. Secara individual, membaca puisi bergiliran.
2. Menjelaskan isi puisi.
3. Mengubah puisi ke dalam prosa.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. mengubah puisi ke dalam bentuk prosa
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
Buku Bahasa Indonesia kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Bacalah puisi yang kamu temukan di majalah atau koran !
2. Ubahlah puisi tersebut menjadi prosa !
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Pertemuan ke - : 2 x pertemuan
Alokasi Waktu : 6 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
1. Memahami hubungan antara ciri – ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
Kompetensi Dasar
1.2. Mendeskripsikan hubungan antara ciri – ciri khusus yang dimiliki tumbuhan ( kaktus, tumbuhan pemakan serangga ) dengan lingkungan hidupnya.
Indikator
1. Menyebutkan ciri – ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu ( kaktus, kantong semar, raflesia, teratai ).
2. Menjelaskan fungsi ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu ( kaktus, kantong semar, raflesia, teratai ).
3. Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan ( kaktus, kantong semar, raflesia, teratai ) tertentu dengan lingkungan hidupnya.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Menyebutkan ciri – ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu ( kaktus, kantong semar, raflesia, teratai ).
2. Menjelaskan fungsi ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu ( kaktus, kantong semar, raflesia, teratai ).
3. Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan ( kaktus, kantong semar, raflesia, teratai ) tertentu dengan lingkungan hidupnya.
III. Materi Ajar
Hubungan antara ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan hidupnya
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan I )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan I )
A. Eksplorasi
1. Menyimak ciri – ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu ( kaktus, kantong semar, raflesia, teratai ).
2. Mendiskusikan ciri – ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu.
B. Elaborasi
1. Secara individual, mengidentifikasi ciri – ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu ( kaktus, kantong semar, raflesia, teratai ).
2. Mencatat hasil diskusi.
3. Mempresentasikan hasilnya.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. ciri – ciri khusus tumbuhan
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan II )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan II )
A. Eksplorasi
1. Menyimak penjelasan ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu ( kaktus, kantong semar, raflesia, teratai ).
2. Mendiskusikan ciri – ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu.
3. Menyimak penjelasan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu ( kaktus, kantong semar, raflesia, teratai ).
B. Elaborasi
1. Menjelaskan ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu.
2. Mencatat hasil diskusi dan melaporkannya.
3. Mempresentasikan hasil diskusi.
4. Menjelaskan hubungan antara ciri khusus yang dimiliki tumbuhan tertentu.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. hubungan antara ciri khusus tumbuhan dengan lingkungan hidupnya.
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR ( Tulislah ciri – ciri khusus tumbuhan ( kaktus, kantong semar, raflesia, teratai ) ! ).
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Tanaman mawar memiliki bunga yang indah. Batangnya penuh ……… untuk melindungi diri.
2. Tumbuhan kantong semar memakan serangga karena pada tumbuhan ini pada umumnya hidup di …………….
3. Bunga raflesia memiliki bau seperti bangkai yang berfungsi untuk menarik serangga, seperti …………….
4. Serangga akan terpikat oleh kantong semar karena tumbuhan ini memiliki ………..
5. Kaktus merupakan tumbuhan yang dapat hidup di ……………..
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Alokasi Waktu : 4 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.
Kompetensi Dasar
2.1. Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia.
Indikator
1. Mendeskripsikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia pada masa balita.
2. Mendeskripsikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari masa kanak – kanak sampai lanjut usia.
3. Mendeskripsikan perubahan fisik tubuh laki – laki pada masa pubertas.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Mendeskripsikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia pada masa balita.
2. Mendeskripsikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari masa kanak – kanak sampai lanjut usia.
3. Mendeskripsikan perubahan fisik tubuh laki – laki pada masa pubertas.
III. Materi Ajar
Tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
1. Mengamati tahapan perkembangan dan pertumbuhan bayi pada masa balita.
2. Mengamati tahapan perkembangan dan pertumbuhan masa kanak – kanak sampai lanjut usia.
3. Mendiskusikan perubahan fisik tubuh laki – laki pada masa pubertas.
4. Menyimak penjelasan tahapan perkembangan dan pertumbuhan masa kanak – kanak.
5. Menyimak penjelasan tahapan perkembangan dan pertumbuhan masa lanjut usia.
6. Menyimak penjelasan tahapan perkembangan dan pertumbuhan masa dewasa.
B. Elaborasi
1. Secara individual, mendeskripsikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan masa balita.
2. Mendeskripsikan tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari masa kanak – kanak sampai lanjut usia.
3. Menjelaskan tahapan perkembangan pada masa balita.
4. Menjelaskan tahapan perkembangan pada masa kanak – kanak.
5. Menjelaskan tahapan perkembangan pada masa dewasa.
6. Menjelaskan tahapan perkembangan pada lanjut usia.
7. Mencatat hasil diskusi.
8. Mempresentasikan hasilnya.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. tahapan perkembangan dan pertumbuhan manusia
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Sebutkan contoh perubahan primer pada anak laki – laki pada masa pubertas !
2. Sebutkan contoh perubahan sekunder pada anak laki – laki pada masa pubertas!
3. Sejak kapan pertumbuhan dan perkembangan manusia dimulai ?
4. Sebutkan contoh pertumbuhan pada bayi !
5. Sebutkan contoh perkembangan pada bayi !
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Alokasi Waktu : 4 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.
Kompetensi Dasar
2.2. Mendeskripsikan ciri – ciri perkembangan fisik anak laki – laki dan perempuan.
Indikator
1. Mendeskripsikan perubahan fisik tubuh pada masa pubertas.
2. Menjelaskan cara merawat organ reproduksi.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Mendeskripsikan perubahan fisik tubuh pada masa pubertas.
2. Menjelaskan cara merawat organ reproduksi.
III. Materi Ajar
Ciri – ciri perkembangan fisik anak laki – laki dan perempuan pada masa pubertas
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
1. Mengamati tanda – tanda perubahan fisik anak laki – laki pada masa pubertas.
2. Mengamati tanda – tanda pertumbuhan fisik anak perempuan pada masa pubertas.
3. Menyimak penjelasan cara merawat organ reproduksi.
4. Mendiskusikan perubahan fisik dalam pertumbuhan.
B. Elaborasi
1. Secara individual, mendeskripsikan perubahan fisik tubuh pada masa pubertas.
2. Menjelaskan cara merawat organ reproduksi.
3. Mencatat hasil diskusi.
4. Mempresentasikan hasilnya.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. ciri – ciri perkembangan fisik anak laki – laki dan perempuan pada masa pubertas
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Sebutkan contoh perubahan primer pada anak perempuan !
2. Sebutkan contoh perubahan sekunder pada anak perempuan !
3. Sejak kapan perubahan primer masa pubertas pada anak perempuan ?
4. Sebutkan tindakan yang perlu dilakukan anak perempuan pada saat menstruasi!
5. Bagaimanakan cara merawat alat reproduksi ?
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Pertemuan ke - : 2 x pertemuan
Alokasi Waktu : 6 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.
Kompetensi Dasar
2.3. Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan.
Indikator
1. Mengidentifikasi perkembangbiakan vegetatif.
2. Mengidentifikasi alat perkembangbiakan generatif.
3. Menjelaskan pengertian penyerbukan dan pembuahan.
4. Mengidentifikasi cara hewan berkembang biak.
5. Mendeskripsikan cara hewan berkembang biak.
6. Mengelompokkan hewan yang membuahi sel telurnya di dalam tubuh dan di luar tubuhnya.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Mengidentifikasi perkembangbiakan vegetatif.
2. Mengidentifikasi alat perkembangbiakan generatif.
3. Menjelaskan pengertian penyerbukan dan pembuahan.
4. Mengidentifikasi cara hewan berkembang biak.
5. Mendeskripsikan cara hewan berkembang biak.
6. Mengelompokkan hewan yang membuahi sel telurnya di dalam tubuh dan di luar tubuhnya.
III. Materi Ajar
1. Jenis perkembangbiakan tumbuhan
2. Jenis perkembangbiakan hewan
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan I )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan I )
A. Eksplorasi
1. Mengamati macam – macam tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif alami ( akar tunggal, umbi lapis, geragih, tunas ).
2. Mendiskusikan perkembangbiakan secara vegetatif alami.
3. Mengamati percobaan perkembangbiakan secara vegetatif.
B. Elaborasi
1. Secara individual, mengidentifikasi perkembangbiakan vegetatif.
2. Mengidentifikasi macam – macam perkembangbiakan secara alami.
3. Mencatat hasil diskusi dan mempresentasikannya.
4. Melakukan percobaan perkembangbiakan secara vegetatif alami ( menanam jahe, lengkuas, kencur ).
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. jenis perkembangbiakan tumbuhan
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan II )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan II )
A. Eksplorasi
1. Mengamati macam – macam tumbuhan yang berkembang biak secara vegetatif buatan ( cangkok, okulasi, setek ).
2. Mendiskusikan perkembangbiakan secara vegetatif buatan.
3. Mengamati bagian – bagian bunga, menyebutkan bagian – bagian bunga dan fungsinya.
4. Mengamati bagaimana cara hewan memperbanyak keturunannya.
5. Mendiskusikan cara hewan berkembang biak.
B. Elaborasi
1. Secara individual, mengidentifikasi perkembangbiakan secara buatan.
2. Melakukan percobaan perkembangbiakan secara vegetatif buatan ( jambu, jeruk, ubi kayu ).
3. Menjelaskan terjadinya penyerbukan dan pembuahan.
4. Mencatat hasil diskusi dan melaporkannya.
5. Mempresentasikan hasil diskusi perkembangbiakan hewan.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. jenis perkembangbiakan hewan
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Amati dan kemudian gambarlah bagian – bagian benang sari yang terdapat pada bunga !
2. Sebutkan 2 keuntungan tanaman yang dicangkok !
3. Jelaskan perbedaan antara perkembangbiakan vegetatif dan generatif !
4. Apakah yang dimaksud dengan ovipar ?
5. Apakah yang dimaksud dengan vivipar ?
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Alokasi Waktu : 4 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk hidup.
Kompetensi Dasar
2.4. Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia.
Indikator
1. Mengidentifikasi alat reproduksi manusia.
2. Mendeskripsikan cara perkembangbiakan manusia.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Mengidentifikasi alat reproduksi manusia.
2. Mendeskripsikan cara perkembangbiakan manusia.
III. Materi Ajar
Cara perkembangbiakan manusia
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
1. Pembelajaran dipisahkan antara laki – laki dan perempuan.
2. Mengamati alat reproduksi manusia.
3. Mendiskusikan cara perkembangbiakan manusia.
B. Elaborasi
1. Secara individual, mengidentifikasikan alat reproduksi manusia.
2. Menjelaskan cara manusia berkembang biak.
3. Mencatat hasil diskusi dan melaporkan hasilnya.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. cara perkembangbiakan manusia
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Perkembangbiakan pada manusia dapat terjadi karena ……………….
2. Alat kelamin jantan yang dapat menghasilkan sperma adalah …….
3. Alat kelamin betina yang dapat menghasilkan sel telur adalah ………
4. Tujuan manusia berkembang biak adalah ……………………..
5. Pembuahan internal adalah ……………………………..
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Pertemuan ke - : 2 x pertemuan
Alokasi Waktu : 6 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
Kompetensi Dasar
3.1.Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam ( ekosistem ).
3.2. Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan.
Indikator
1. Menjelaskan pengertian ekosistem.
2. Menyebutkan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem.
3. Menjelaskan akibat dari penggunaan bahan kimia secara berlebihan.
4. Mengidentifikasi tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan ( kayu jati, pinus, cendana ).
5. Mendeskripsikan akibat yang berlebihan terhadap keseimbangan lingkungan.
6. Menjelaskan cara melestarikan tumbuhan dari kepunahan.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Menjelaskan pengertian ekosistem.
2. Menyebutkan berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi kestabilan ekosistem.
3. Menjelaskan akibat dari penggunaan bahan kimia secara berlebihan.
4. Mengidentifikasi tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan ( kayu jati, pinus, cendana ).
5. Mendeskripsikan akibat yang berlebihan terhadap keseimbangan lingkungan.
6. Menjelaskan cara melestarikan tumbuhan dari kepunahan.
III. Materi Ajar
1. Hubungan kegiatan manusia dan ekosistem
2. Pemanfaatan tumbuhan terhadap keseimbangan lingkungan
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan I )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan I )
A. Eksplorasi
1. Mencari informasi berbagai kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan ekosistem.
2. Mendiskusikan kerusakan ekosistem akibat penggunaan bahan kimia secara berlebihan.
B. Elaborasi
1. Secara individual, menjelaskan pengertian ekosistem.
2. Menjelaskan akibat menggunakan bahan kimia berlebihan.
3. Mencatat hasil diskusi dan melaporkannya.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. hubungan kegiatan manusia dan ekosistem
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan II )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan II )
A. Eksplorasi
1. Mencari informasi tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan.
2. Mendiskusikan cara melestarikan tumbuhan dari kepunahan.
B. Elaborasi
1. Secara individual, mengidentifikasi tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan ( kayu jati, pinus, crendana ).
2. Menjelaskan akibat eksploitasi tumbuhan secara berlebihan.
3. Mencatat hasil diskusi dan melaporkannya.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. pemanfaatan tumbuhan terhadap keseimbangan lingkungannya
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Agar terjadinya keseimbangan ekosistem maka populasi terbesar pada piramida makanan harus ditempati oleh ………………
2. Contoh penyebab jumlah populasi suatu daerah menurun adalah ……………..
3. Terjadinya keseimbangan ekosistem ditandai oleh ………………..
4. Hutan, lautan, sungai, dan danau dapat kita kelompokkan menjadi ekosistem ……………….
5. Pencegahan abrasi di tepi pantai dapat kita lakukan dengan melestarikan populasi tumbuhan ………………
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Alokasi Waktu : 4 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.
Kompetensi Dasar
3.3.Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan.
Indikator
1. Mengidentifikasi hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan ( gading gajah, kulit ular, kulit buaya ).
2. Mendeskripsikan akibat perbuatan terhadap keseimbangan lingkungan.
3. Menjelaskan cara melestarikan hewan dari kepunahan.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Mengidentifikasi hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan ( gading gajah, kulit ular, kulit buaya ).
2. Mendeskripsikan akibat perbuatan terhadap keseimbangan lingkungan.
3. Menjelaskan cara melestarikan hewan dari kepunahan.
III. Materi Ajar
Pemanfaatan hewan terhadap keseimbangan lingkungan
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
1. Mencari informasi hewan yang sering dimanfaatkan yang mendekati kepunahan.
2. Mendiskusikan akibat perburuan hewan lain.
B. Elaborasi
1. Secara individual, mengidentifikasi hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mendekati kepunahan ( gading gajah, kulit ular, kulit buaya ).
2. Menjelaskan akibat perburuan hewan.
3. Mencatat hasil diskusi dan melaporkan hasilnya.
4. Menjelaskan cara melestarikan hewan dari kepunahan.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. pemanfaatan hewan terhadap keseimbangan lingkungan
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Apakah fungsi mikroorganisme dalam menjaga kelestarian ekosistem ?
2. Berilah 3 contoh hewan yang sudah terancam punah karena sering diburu oleh manusia yang tidak bertanggung jawab !
3. Apakah yang harus kamu lakukan terhadap populasi cicak yang terdapat di rumah ?
4. Sebutkan 3 usaha yang dapat kamu lakukan agar populasi ayam yang terdapat di kandangnya terus meningkat !
5. Bagaimana pendapatmu dengan adanya perburuan liar terhadap paus yang konon minyaknya dapat digunakan sebagai obat ?
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Pertemuan ke - : 2 x pertemuan
Alokasi Waktu : 8 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk mencegah kepunahan.
Kompetensi Dasar
4.1. Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan.
4.2. Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan ilmu pengetahuan alam dan kehidupan masyarakat.
Indikator
1. Menyebutkan contoh hewan langka yang mendekati kepunahan.
2. Menyebutkan contoh tumbuhan langka yang mendekati kepunahan.
3. Membedakan fungsi suaka alam maupun suaka margasatwa.
4. Menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kaitannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
5. Menyebutkan manfaat pelestarian hewan bagi riset ilmiah.
6. Menjelaskan kaitan sentra pelestarian makhluk hidup dengan lapangan kerja.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Menyebutkan contoh hewan langka yang mendekati kepunahan.
2. Menyebutkan contoh tumbuhan langka yang mendekati kepunahan.
3. Membedakan fungsi suaka alam maupun suaka margasatwa.
4. Menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup dalam kaitannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
5. Menyebutkan manfaat pelestarian hewan bagi riset ilmiah.
6. Menjelaskan kaitan sentra pelestarian makhluk hidup dengan lapangan kerja.
III. Materi Ajar
1. Jenis – jenis hewan yang mendekati kepunahan
2. Hubungan antara pelestarian alam dan perkembangan ilmu pengetahuan dan kehidupan sosial
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan I )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan I )
A. Eksplorasi
1. Mengamati gambar tumbuhan dan hewan langka.
2. Diskusi tentang fungsi dari suaka margasatwa, suaka alam penangkaran, dan budi daya hewan.
3. Mengamati contoh tumbuhan langka yang mendekati kepunahan.
4. Menyimak perbedaan fungsi suaka alam maupun suaka margasatwa.
B. Elaborasi
1. Secara individual, menyebutkan contoh hewan langka yang mendekati kepunahan.
2. Menyebutkan tumbuhan langka yang mendekati kepunahan.
3. Mencatat hasil diskusi dan mempresentasikan.
4. Mengelompokkan gambar hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. jenis – jenis hewan yang mendekati kepunahan
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan II )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan II )
A. Eksplorasi
1. Mengamati gambar berbagai cagar alam dan suaka margasatwa.
2. Diskusi tentang manfaat dari pembudidayaan, penangkaran, dan taman hewan untuk kepentingan riset ilmiah.
3. Menyimak penjelasan hubungan dari pusat ( sentra ) pelestarian makhluk hidup yang dapat menciptakan lapangan usaha / karya bagi masyarakat.
B. Elaborasi
1. Secara individual, menjelaskan pentingnya pelestarian makhluk hidup kaitannya dengan perkembangan ilmu pengetahuan.
2. Mencatat hasil diskusi dan mempresentasikannya.
3. Menjelaskan hubungan dari pusat ( sentra ) pelestarian makhluk hidup yang dapat menciptakan lapangan usaha / karya bagi masyarakat.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. pemanfaatan tumbuhan terhadap keseimbangan lingkungannya
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Tulislah 4 contoh usaha manusia untuk menjaga keseimbangan suatu ekosistem !
2. Apakah yang akan terjadi jika penggunaan pestisida dan pupuk buatan secara berlebihan pada lahan pertanian ?
3. Apakah yang dimaksud dengan keseimbangan ekosistem ?
4. Usaha apakah yang dilakukan pemerintah Indonesia untuk menanggulangi kepunahan hewan dan tumbuhan langka ?
5. Mengapa komponen biotik dalam suatu ekosistem dapat mempengaruhi komponen abiotik ?
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Pertemuan ke - : 3 x pertemuan
Alokasi Waktu : 12 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
5. Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran, dan kegunaan benda.
Kompetensi Dasar
5.1. Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda.
Indikator
1. Membedakan pengertian dan fungsi konduktor dan isolator panas.
2. Menyimpulkan hasil percobaan tentang berbagai perpindahan panas.
3. Membandingkan cepat rambatnya hantaran panas pada bahan konduktor dan isolator panas.
4. Menyebutkan beberapa contoh peralatan yang menggunakan bahan konduktor dan isolator panas.
5. Mengidentifikasi berbagai perubahan wujud benda karena pengaruh perubahan suhu.
6. Menjelaskan manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari – hari.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Membedakan pengertian dan fungsi konduktor dan isolator panas.
2. Menyimpulkan hasil percobaan tentang berbagai perpindahan panas.
3. Membandingkan cepat rambatnya hantaran panas pada bahan konduktor dan isolator panas.
4. Menyebutkan beberapa contoh peralatan yang menggunakan bahan konduktor dan isolator panas.
5. Mengidentifikasi berbagai perubahan wujud benda karena pengaruh perubahan suhu.
6. Menjelaskan manfaat perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari – hari.
III. Materi Ajar
1. Konduktor dan isolator panas
2. Penggunaan benda konduktor dan isolator
3. Kondisi yang mempengaruhi perubahan pada benda
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan I )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan I )
A. Eksplorasi
1. Menyimak perbedaan antara konduktor dan isolator panas dari segi pengertian dan fungsinya.
2. Mengamati percobaan untuk membuktikan proses perpindahan panas secara radiasi, konveksi, dan konduktor.
3. Menyimak perbandingan kecepatan hantaran panas pada berbagai benda padat melalui percobaan.
B. Elaborasi
1. Secara individual, menjelaskan perbedaan antara konduktor dan isolator panas dari segi pengertian dan fungsinya.
2. Melakukan percobaan untuk membuktikan proses perpindahan panas secara radiasi, konveksi, dan konduksi.
3. Membandingkan kecepatan hantaran panas pada berbagai benda padat melalui percobaan.
4. Mencatat hasil percobaan.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. konduktor dan isolator
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan II )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan II )
A. Eksplorasi
1. Menyimak penggunaan bahan konduktor panas pada kehidupan sehari – hari.
2. Menyimak penjelasan pada penggunaan bahan isolator pada peralatan rumah tangga.
B. Elaborasi
1. Secara individual, menyebutkan penggunaan bahan konduktor panas pada kehidupan sehari – hari.
2. Menjelaskan penggunaan bahan isolator pada peralatan rumah tangga.
3. Menyebutkan beberapa contoh peralatan yang menggunakan bahan konduktor dan isolator panas.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. penggunaan benda konduktor dan isolator
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan III )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan III )
A. Eksplorasi
1. Mengamati proses penguapan, pengembunan, pembekuan, dan peleburan benda melalui percobaan sederhana.
2. Menyimak penjelasan pemanfaatan peristiwa di atas dalam kehidupan sehari – hari.
B. Elaborasi
1. Secara individual, mengidentifikasi berbagai perubahan wujud benda karena pengaruh perubahan suhu.
2. Menjelaskan pemanfaatan peristiwa di atas dalam kehidupan sehari – hari.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. kondisi yang mempengaruhi perubahan pada benda
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Sebutkan 5 contoh benda yang bersifat konduktor panas !
2. Apakah benda yang bersifat konduktor panas selalu menguntungkan kita ? Jelaskan pendapatmu dengan disertai contoh dalam kehidupan sehari - hari!
3. Jelaskan perbedaan konduktor dengan isolator !
4. Apakah yang kamu lakukan saat mengangkat panci yang berisi air panas agar tanganmu tidak kepanasan ?
5. Apakah benda – benda yang bersifat isolator selalu menguntungkan ? Jelaskan pendapatmu !
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Pertemuan ke - : 3 x pertemuan
Alokasi Waktu : 12 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda.
Kompetensi Dasar
6.1. Menjelaskan faktor – faktor penyebab perubahan benda ( pelapukan, perkaratan, pembusukan ) melalui pengamatan.
Indikator
1. Menyebutkan faktor – faktor penyebab terjadinya perubahan pada benda ( perkaratan, pembusukan, dll. ).
2. Menentukan jenis bahan benda sesuai kegunaannya dalam kehidupan sehari – hari.
3. Memahami faktor – faktor penyebab pelapukan pada benda melalui pengamatan.
4. Mengidentifikasi faktor – faktor penyebab pembusukan pada benda.
5. Memprediksi dan menyimpulkan faktor penyebab pembusukan.
6. Mengidentifikasi struktur dan sifat bahan.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Menyebutkan faktor – faktor penyebab terjadinya perubahan pada benda ( perkaratan, pembusukan, dll. ).
2. Menentukan jenis bahan benda sesuai kegunaannya dalam kehidupan sehari – hari.
3. Memahami faktor – faktor penyebab pelapukan pada benda melalui pengamatan.
4. Mengidentifikasi faktor – faktor penyebab pembusukan pada benda.
5. Memprediksi dan menyimpulkan faktor penyebab pembusukan.
6. Mengidentifikasi struktur dan sifat bahan.
III. Materi Ajar
1. Faktor – faktor yang mempengaruhi perubahan pada benda
2. Faktor – faktor penyebab pembusukan pada benda
3. Struktur dan sifat bahan / benda dan pemanfaatannya
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan I )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan I )
A. Eksplorasi
1. Mengamati lapangan pada benda – benda lapuk dan menginventaris data pada tabel pengamatan.
2. Menyimak penjelasan faktor cuaca dan suhu penyebab terjadinya proses pelapukan fisika pada benda.
3. Menyimak penjelasan faktor aktivitas makhluk hidup penyebab terjadinya proses pelapukan ( pelapukan batuan karena ditumbuhi lumut ).
4. Menyimak penjelasan faktor reaksi zat kimia penyebab terjadinya pelapukan kimia ( perkaratan pada besi akibat reaksi oksigen ).
5. Diskusi kelompok untuk menyimpulkan hasilnya.
B. Elaborasi
1. Secara individual, menjelaskan faktor cuaca dan suhu penyebab terjadinya proses pelapukan fisika pada benda.
2. Menjelaskan faktor aktivitas makhluk hidup penyebab terjadinya proses pelapukan ( pelapukan batuan karena ditumbuhi lumut ).
3. Menjelaskan faktor reaksi zat kimia penyebab terjadinya pelapukan kimia ( perkaratan pada besi akibat reaksi oksigen ).
4. Mencatat hasil diskusi dan mempresentasikannya.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. faktor – faktor yang mempengaruhi perubahan benda
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan II )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan II )
A. Eksplorasi
1. Melakukan pengamatan pada benda yang busuk ( yang tersedia di tiap kelompok ) dan memprediksi penyebabnya.
2. Diskusi kelompok untuk menginventarisir data faktor penyebabnya.
B. Elaborasi
1. Secara individual, mengidentifikasi faktor – faktor penyebab pembusukan pada benda.
2. Mencatat hasil pengamatan dan diskusi.
3. Mempresentasikan hasil diskusi.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. faktor – faktor penyebab pembusukan pada benda
1. Kegiatan Pendahuluan ( Pertemuan III )
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti ( Pertemuan III )
A. Eksplorasi
1. Menyimak penjelasan pemanfaatan jenis logam yang tahan karat ( emas, perak, aluminium, krom, stainless steel, nikel ).
2. Menyimak penjelasan sifat lentur pada karet ( ruber ).
3. Menyimak penjelasan pemanfaatan kayu pada bangunan dan furniture.
B. Elaborasi
1. Secara individual, menjelaskan pemanfaatan jenis logam yang tahan karat ( emas, perak, aluminium, krom, stainless steel, nikel ).
2. Menjelaskan sifat lentur pada karet ( ruber ).
3. Menjelaskan pemanfaatan kayu pada bangunan dan furniture.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. struktur dan sifat bahan / benda dan pemanfaatannya
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Jelaskan perbedaan pelapukan fisika dan pelapukan biologi !
2. Jelaskan tujuan pengawetan makanan !
3. Apakah perbedaan paku yang masih baru dengan paku yang sudah berkarat ?
4. Bagaimana cara menyimpan roti agar tidak cepat rusak ?
5. Apa yang dapat dilakukan agar tidak terjadi pembusukan makanan akibat mikroorganisme ?
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
I. Identitas : SD No. 12 Pemecutan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas / Semester : 6 / 1
Alokasi Waktu : 2 jp x 35 menit
Standar Kompetensi
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda.
Kompetensi Dasar
6.2. Mengidentifikasi faktor – faktor yang menentukan pemilahan benda / bahan untuk tujuan tertentu , ( karet, logam, kayu, plastik ) dalam kehidupan sehari – hari.
Indikator
1. Mendeskripsikan dan mengidentifikasi faktor penyebab perubahan benda secara tertulis.
II. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mempelajari tema ini dapat :
1. Mendeskripsikan dan mengidentifikasi faktor penyebab perubahan benda secara tertulis.
III. Materi Ajar
1. Pengisian tabel
IV. Metode Pembelajaran
1. Ceramah dan informasi
2. Diskusi / Kooperatif
3. Tanya jawab
4. Demonstrasi
5. Tugas
6. Kerja kelompok
V. Langkah – Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
1. Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran.
2. Mengajukan pertanyaan – pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
3. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai.
4. Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai dengan silabus.
2. Kegiatan Inti
A. Eksplorasi
1. Menyimak penjelasan pengisian tabel klasifikasi sifat bahan.
2. Mendiskusikan hasil karya siswa.
B. Elaborasi
1. Secara individual, penugasan pengisian tabel.
2. Mendeskripsikan dan mengidentifikasi penyebab perubahan benda secara tertulis.
3. Mencatat hasil diskusi dan mempresentasikannya.
C. Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru :
1. Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
2. Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
3. Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar :
a. berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar.
b. membantu menyelesaikan masalah.
c. memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi.
d. memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh.
e. memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
4. Menyimpulkan materi tentang :
a. pengisian tabel
3 . Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
1. Bersama – sama dengan peserta didik dan / atau sendiri membuat rangkuman / simpulan pelajaran.
2. Melakukan penilaian dan / atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
4. Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remidi, program pengayaan, layanan konseling dan / atau memberikan tugas baik tugas individu maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
5. Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
6. Memberikan PR
V. Sarana dan Sumber Belajar
1. Buku Ilmu Pengetahuan Alam kelas VI. Budi Wahyono,dkk. 2008. Eureka : Jakarta.
2. KTSP
VI. Penilaian
1. Lisan
2. Tulisan ( soal terlampir )
3. Perbuatan / Performance
EVALUASI
1. Mengapa benda – benda yang terbuat dari kayu tidak boleh ditempatkan pada tempat terbuka dan lembab ?
2. Jelaskan persamaan sifat benda yang terbuat dari karet atau plastik !
3. Jelaskan mengapa sampah plastik dan karet dapat merusak kesuburan lahan pertanian !
4. Sebutkan sifat utama plastik !
5. Sebutkan sifat – sifat benda !
• TINDAK LANJUT
Bagi anak yang belum mencapai ketuntasan, akan diadakan remidi dan bagi yang sudah mencapai ketuntasan, akan diberikan pengayaan.
Mengetahui :
Kepala SD No. 12 Pemecutan
Luh Wirdani, S.Pd
NIP. 19610823 198304 2 008 Denpasar, 20 Juli 2010
Guru Kelas VI B
I Made Mudiartana, A.Ma
NIP. 19840707 200804 1 002
Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat email sobat pada kotak dibawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Media Pendidik dan Pendidikan