Sesuai dengan hakikat perkembangan anak yang bersifat holistik, pembelajaran sastra juga perlu keholistikan atau kepaduan dengan asfek berbahasa lainnya seperti membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Berikut hubungan sastra dengan ke 4 asfek berbahasa yang lain.
A. Hubungan Sastra dengan Membaca.
Kemampuan sastra anak tidaklah murni kemampuan hereditas atau bawaan. Kemampuan sastra anak juga di dapat dengan cara membaca sastra orang lain baik yang setingkat maupun hasil sastra dari pujangga-pujangga besar. Dari hasil membacanya dia akan memperoleh lebih banyak pembaharuan kata yang dimiliki serta kaidah penulisan yang benar.
B. Hubungan Sastra dengan Menulis.
Kaitan sastra dengan menulis sangatkah erat Kemampuan sastra anak dapat dilihat dari hasil tertulis meskipun itu bukan satu-satunya cara yang dapat digunakan. Tulisan-tulisan yang telah dibuat anak, itu merupakan bukti identik kemahiran anak dalam sastra.
C. Hubungan Sastra dengan Menyimak.
Selain dari membaca, kemampuan sastra anak dapat juga berkembang melalui proses menyimak. Sebagai contoh anak dapat menambah kemampuannya dalam membuat puisi karena sering mendengar deklamasi dan pembacaan puisi.
D. Hubungan Sastra dengan Berbicara.
Sastra dapat ditunjukkan lewat berbicara. Semakin sering kita menyajikan sastra maka kemampuan sastra kita juga akan meningkat.
Mengingat hubungan sastra dengan asfek pembelajaran sastra lainnya begitu erat maka pembelajaran sastra tidak dapat dipisahkan dengan asfek pembelajaran bahasa yang lain.
Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat email sobat pada kotak dibawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Media Pendidik dan Pendidikan
Artikel Terkait:
Guru
- Penilaian Sumatif, Penentu Kenaikan Kelas dan Kelulusan
- Download Gratis Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka (Rapor Intrakurikuler dan Rapor Proyek P5)
- 3.1.a.8.1 Koneksi Antar Materi - Keputusan yang Bertanggung Jawab
- Aksi Nyata CGP - I Made Mudiartana - Nilai dan Peran Guru Penggerak
- Aksi Nyata CGP - I Made Mudiartana - Penerapan Pemikiran Ki Hadjar Dewantara
- Aplikasi Penulisan Ijasah SD 2020 (Free Password)
- UPGRADE!!! Aplikasi Rapor Online Semester 2 - Covid-19 [Download]
- Aplikasi PK Guru (PKG) Revisi 2019
- Juknis dan Aplikasi Penulisan Ijazah 2019
- Aplikasi Rapor SD Semester 2 Tahun 2019 Sesuai Permendikbud 37 Tahun 2018
Pendidikan
- Penilaian Sumatif, Penentu Kenaikan Kelas dan Kelulusan
- Download Gratis Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka (Rapor Intrakurikuler dan Rapor Proyek P5)
- 3.1.a.8.1 Koneksi Antar Materi - Keputusan yang Bertanggung Jawab
- Aksi Nyata CGP - I Made Mudiartana - Nilai dan Peran Guru Penggerak
- Aplikasi Analisis Penilaian Akhir Semester K13
- Kisi-kisi Ujian Sekolah SD/MI/SDLB Tahun 2014/2015
- Aplikasi PKG (Penilaian Kinerja Guru) sesuai Permendiknas 35 Tahun 2010
- RPP dan SILABUS SD Kelas 1-2-4-5 Kurikulum 2013
- Aplikasi Simulasi CAT BKN 2014
- APLIKASI IJASAH SD 2014
Bahasa Indonesia
- Puisi 'Selamat Tinggal'
- Puisi "Jangan Pernah Melupakan"
- Download Soal-soal Latihan UN SD/MI
- Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan (EYD)
- KISI-KISI UN-SD 2013
- UTS 1 KELAS 2 SD
- ULANGAN TENGAH SEMESTER (UTS) BAHASA INDONESIA KELAS 6 SD
- E-Book Tanya-Jawab UN 2012
- Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Digital
- ULANGAN TENGAH SEMESTER GENAP KELAS 2 SD (BAHASA INDONESIA)