Download Gratis Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka (Rapor Intrakurikuler dan Rapor Proyek P5)


Dalam proses pembelajaran seyogianya peserta didik yang menjadi fokus (Student Centered). Usaha untuk memahami peserta didik dan menjadikan mereka pembelajar yang aktif akan memudahkan usaha untuk mengaktualisasikan tujuan pendidikan, yaitu berkembangnya karakter dan kompetensi peserta didik. Pendidik berperan memfasilitasi proses mencapai tujuan tersebut. Untuk itu penting bagi pendidik untuk memiliki kemampuan merancang pembelajaran, agar mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.

Ketika peserta didik menjadi seorang pelajar yang merdeka, interaksi pendidik dan peserta didik akan berubah. Peserta didik akan memiliki peluang untuk melakukan inisiatif, mempunyai suara dan kepemilikan pada proses pembelajaran serta memiliki kesempatan untuk memberikan umpan balik baik kepada diri sendiri, peserta didik lain serta kepada pendidik.

Proses merancang pembelajaran merupakan proses penting yang berdampak pada keberhasilan pembelajaran, begitu pula proses penilaian yang dilakukan. Penilaian merupakan hal yang tidak dapat dikesampingkan sebagai salah satu bagian dari proses pembelajaran. Penilaian dalam Kurikulum Merdeka memiliki ciri khas tersendiri. Penilaian tersebut meliputi penilaian formatif, sumatif lingkup materi, dan sumatif akhir semester (optional). Penilaian formatif dilakukan untuk mengukur ketercapaian setiap tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Penilaian sumatif lingkup materi digunakan untuk mengukur lingkup materi yang menaungi beberapa tujuan pembelajaran. Sedangkan, sumatif akhir semester digunakan untuk mengkonfirmasi (bila diperlukan) terhadap capaian pada saat sumatif lingkup materi yang dilaksanakan pada akhir semester. 

Penilaian di Kurikulum Merdeka ini sepenuhnya diberikan keleluasaan kepada tiap satuan pendidikan. Satuan pendidikan dapat menentukan jumlah TP yang diturunkan dari CP pada tiap mata pelajarannya. Dengan kondisi tersebut pastinya terdapat perbedaan di setiap kelas dan setiap satuan pendidikan. 

Berdasarkan uraian di atas, maka diperlukan aplikasi penilaian yang dapat mengakomodir semua kebutuhan sekolah. Aplikasi penilaian harus bersifat dinamis dan menyesuaikan kebutuhan satuan pendidikan. Oleh karena itu, pengembang menjawab kebutuhan tersebut dengan menghadirkan aplikasi versi terbaru yang dapat digunakan gratis*.

Video Tutorial bisa dilihat di bawah ini :


Download Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka Fase A, B, dan C untuk semester 1 dan 2
  1. Download Aplikasi Rapor Kurikulum Merdeka  disini

Jika Sobat menyukai Artikel di blog ini, Silahkan masukan alamat email sobat pada kotak dibawah untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Sobat akan mendapat kiriman artikel terbaru dari Media Pendidik dan Pendidikan


Artikel Terkait:

0 Komentar
Tweets
Komentar

0 comments:

Post a Comment

Komentar anda sangat menentukan keberlangsungan blog ini.
Apabila anda tidak punya akun, gunakan anonymous
Apabila anda punya, gunakan Nama/URL
»Nama: diisi dengan nama anda
»»URL: diisi dengan alamat web, alamat email, dsb